Canal University

Sastra Arab UAI Menuju Twinning Program dengan Suez Canal University Mesir

Salah satu bentuk peningkatan kapasitas dan kualitas Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di Indonesia adalah adanya twinning program atau dwigelar kesarjanaan dengan perguruan tinggi di luar negeri, khususnya Timur Tengah. Untuk itu, Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra UAI, berkomitmen untuk mencapai hal itu mulai tahun 2014 yang akan datang.

Langkah menuju pencapaian tersebut telah dimulai pada acara Lokakarya Internasional tentang “Standarisasi Kurikulum Kemahiran Bahasa  pada Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Perguruan Tinggi Indonesia”. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Studi dan Kajian Indonesia, Suez Canal University, Ismailia, Mesir, bekerja sama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesi untuk Mesir di Kairo, pada tanggal 26 s.d 28 November 2013 di Kampus Suez Canal University, Ismailia, Mesir.

Turut hadir pada acara tersebut 20 orang dari Indonesia yang terdiri atas Rektor, Dekan, Ketua Program Studi, maupun dosen bahasa dan sastra Arab dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri maupun Swasta dari seluruh Indonesia, serta perwakilan dari Ikatan Pengajar Bahasa Arab se-Indonesia (IMLA). Selain itu, hadir pula para pakar dan dosen bahasa Arab dari Suez Canal University sebagai narasumber dan peserta aktif. Acara dibuka secara resmi oleh Rektor Canal Suez University, Prof. Dr. Mohammed Ahmed Mohammadein, dan Dubes RI di Kairo Bapak Nurfaizi Suwandi.

Kegiatan tersebut menghasilkan komitmen untuk meningkatkan kapasitas Program Studi Bahasa dan Sastra Arab di perguruan tinggi se-Indonesia agar sesuai dengan standar internasional. Oleh karena itu, dicapailah kesepakatan tentang pentingnya pengembangan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab yang dituangkan dalam upaya dan langkah strategis berupa :

  1. Pembaruan dan pengembangan kurikulum
  2. Pembuatan dan penggunaan buku ajar baru
  3. Peningkatan kapasitas dosen
  4. Penyusunan tes kemampuan bahasa Arab berstandar internasional
  5. Penerapan program dwigelar kesarjanaan (twinning program / double degree) antara perguruan tinggi di Indonesia dan Suez Canal University dengan konsep 2+2 atau 3+1 (dua tahun di Indonesia + 2 tahun di Mesir atau 3 tahun di Indonesia + 1 tahun di Mesir)

Program Studi Sastra Arab Fakultas Sastra UAI berkomitmen penuh untuk mengawal dan mengikuti langkah tersebut bersama dengan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dari perguruan tinggi lain di Indonesia dengan harapan dapat meningkatkan kualitas Program Studi Sastra Arab Fakultas Sastra UAI dan juga para dosen serta mahasiswa di masa yang akan datang.

20131126_131055-800x450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *