Gedung

Lomba Pidato Bahasa Mandarin & Bakat Keterampilan Oriental Bagi Masyarakat Provinsi DKI Jakarta Khususnya Mahasiswa (Chinese Bridge Mahasiswa Nasional)

Pada hari Minggu, 27 April 2014 mahasiwa Prodi Sastra China Universitas Al Azhar Indonesia mengikuti Lomba Pidato Bahasa Mandarin & Bakat Keterampilan Oriental Masyarakat Provinsi DKI Jakarta Khususnya bagi masyarakat yang diadakan oleh Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al Azhar Indonesia (PBM-UAI). Acara ini diikuti oleh 23 peserta yang mewakili berbagai perguruan tinggi di Jakarta, seperti Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Binus, Universitas Nasional, dan Universitas Indonesia (UI) . Dari Prodi Sastra China UAI sendiri diwakili oleh 2 (dua) orang mahasiswi, yaitu Filzah Adzhani Mogot dan Fachriah Aliani.

Dalam lomba tersebut, pada sesi pertama masing-masing peserta diminta untuk berpidato dalam Bahasa Mandarin dengan tema “My Chinese Dream” (Mimpi tentang China). Sebelum berpidato, masing-masing peserta diminta untuk menampilkan keterampilan oriental mereka selama 3-5 menit. Ada yang menyanyi, menari, membaca sajak dan lain-lain. Peserta dari UAI, Filzah Adzhani Mogot menampilkan menyanyi dan berakting dengan lagu “ Ye Shanghai” dan Fachriah Aliani menampilkan Tarian Tradisional “Xinjiang”.

Sesi pertama yang dimulai dari pukul 09.00 WIB ini berlangsung hingga pukul 12.00 WIB ini diselingi dengan jeda waktu selama kurang lebih 1 (satu) jam, dimana peserta diberi kesempatan untuk beristirahat dan makan siang sebelum bersiap-siap untuk mengikuti sesi berikutnya.

Sesi kedua yang berlangsung dari pukul 13.00-15.00 WIB adalah sesi dimana masing-masing peserta diberi kesempatan selama 2-3 menit untuk membawakan pidato berbahasa Mandarin dengan tema “My Chinese Dream “ (Mimpiku tentang China). Peserta dari UAI, Filzah Adzhani Mogot membawakan pidato yang berjudul “Menguasai Bahasa Mandarin bukanlah mimpi” sedangkan Fachriah Aliani membawakan pidato yang berjudul “Mimpiku adalah menjadi seseorang yang ahli dalam Bahasa Mandarin”.

Acara lomba ini kemudian dilanjutkan dengan pidato sambutan dari pihak penyelenggara,yaitu perwakilan dari Pusat Bahasa Mandarin UAI (PBM-UAI), Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta (BKPBM) dan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas).

Acara selanjutnya yaitu pertunjukkan Seni China dari murid SMA yang merupakan peserta lomba “Hanyu Qiao” untuk tingkat SMA yang telah berlomba sehari sebelumnya Sabtu, 26 April 2014. Sebagai penutup acara adalah pengumuman pemenang lomba baik dari tingkat siswa SMA maupun tingkat mahasiswa. Alhamdulillah Filzah Adzhani Mogot keluar sebagai pemenang dengan kategori “Penampilan Terbaik”. Dan untuk itu Fildzah Adzani berhak mengikuti lomba Hanyu Qiao tingkat nasional mewakili DKI Jakarta yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu & Minggu, 10-11 Mei 2014 bertempat di HARRIS Grand Convention Centre, Bandung. Rincian lomba yang akan diikuti oleh peserta lomba tingkat nasional adalah sebagai berikut :

  • 10 Mei 2014 : Para peserta akan mengikuti tes tertulis.
  • 11 Mei 2014 : Para peserta akan menampilkan ketrampilan Oriental.

Jani Lomba penampilan jani penerimaan sertifikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *