IMG 9221 (edit)

KUNJUNGAN DOSEN DAN MAHASISWI PRODI SASTRA JEPANG UNIVERSITAS AL AZHAR INDONESIA (UAI) KE ASIA UNIVERSITY, TOKYO JEPANG

Pada tanggal 15 sampai 22 April lalu, dosen sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ibu Vera Yulianti Malik serta 2 orang mahasiswi sastra Jepang UAI Rahmalia dan Bembi Mulia Ramadhani berangkat ke Jepang dalam rangka melakukan kunjungan ke Asia University di Tokyo Jepang dan berpartisipasi dalam Asia Conference on Language Learning 2014 di Osaka, Jepang.

Kunjungan ke Asia University dilakukan pada tanggal 22 April, dalam kunjungan ini mereka bertemu Rektor, Wakil Rektor serta staf bidang kemahasiswaan, staf international office (staf pengiriman dan staf penerimaan mahasiswa asing), serta beberapa professor yang merupakan tim pengajar AUJP (Asia University Japanese Program  – Summer Course). Dalam kunjungan ini dilakukan pembicaraan mengenai evaluasi kerjasama yang telah dilakukan selama ini antara Universitas Al Azhar Indonesia dan Asia University, kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama staf international office serta para professor tim pengajar AUJP.

Pada Agustus 2014 ini direncanakan 9 orang mahasiswa UAI akan mengikuti summer course (AUJP) di Asia University. Terkait hal tersebut, maka dalam pertemuan ini juga dibicarakan mengenai persiapan dan jadwal kegiatan mahasiswa UAI selama di Jepang, selain itu dibicarakan pula mengenai materi pengajaran bahasa Jepang yang akan diajarkan kepada mahasiswa UAI selama di Jepang.

Selain itu pada kesempatan ini pula Ibu Vera, Rahmalia dan Bembi juga berkesempatan untuk berkeliling di lingkungan kampus Asia University, seperti berkunjung ke kelas-kelas, perpustakaan, kantin dan asrama yang akan digunakan oleh mahasiswa UAI. Kegiatan pada hari itu ditutup dengan makan malam di restoran Jepang di sekitar kampus Asia University.

Berikut ini hal-hal penting yang dihasilkan dalam pembicaraan antara pihak UAI dengan Asia University:

  1. AUJP (Asia University Japanese Program  – Summer Course) akan dilaksanakan selama 21 hari, Sabtu dan Minggu libur.
  2. Masing-masing mahasiswa akan didampingi oleh 1 tutor orang Jepang.
  3. Selain kegiatan di dalam kelas akan dilakukan pula kunjungan ke tempat-tempat wisata di Tokyo serta fasilitas sosial dan fasilitas umum di sekitar kampus, seperti fasilitas pemadam kebakaran, sistem pemilahan sampah dan fasilitas supermarket serta stasiun kereta. Hal ini dilakukan agar mahasiswa UAI dapat mempelajari masyarakat Jepang dalam hidup bermasyarakat.
  4. Pengajaran bahasa Jepang disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan dari pihak UAI. Difokuskan pada peningkatan kemampuan komunikasi lisan baik formal maupun informal serta peningkatan penguasaan kanji yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Adanya sesi pengenalan budaya masing-masing pihak, dimana mahasiswa Asia University akan memperkenalkan tarian modern Jepang begitu juga sebaliknya,

Semoga kedepannya hubungan kerjasama antara Universitas Al Azhar Indonesia dengan Asia University khususnya serta masyarakat Indonesia dan Masyarakat Jepang umumnya dapat terjalin lebih erat.

IMG_9202 (Edit)     IMG_9220 Edit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *