IMG 8151 2

Workshop Pembuatan Boneka Washi & Sushi Program Studi Sastra Jepang UAI Untuk Siswa SMA

Dalam rangka turut serta berkontribusi kepada peningkatan keterampilan masyarakat, pada hari Jum`at, 26 September lalu, Program studi sastra Jepang mengadakan pengenalan budaya Jepang kepada siswa sekolah menengah atas yang ada di Jakarta. Acara dilakukan di ruang Niaga, Universitas Al Azhar Indonesia lantai 2. Pada kesempatan kali ini hadir 18 siswa SMA yang berasal dari 6 SMA di Jakarta yaitu: SMA Labschool Kebayoran, SMAN 57 Jakarta, SMA Islam Al Azhar 1, SMA Islam Al Azhar 3, SMA Muhammadiyah 3, SMAN 81 Jakarta.

Dalam acara ini Program Studi Sastra Jepang UAI melakukan pelatihan pembuatan boneka washi yang difasilitatori oleh Ibu Vera Yulianti Malik SS, MA, dan demo membuat sushi yang difasilitatori oleh Ibu Arianty Visiaty SS. MLA.

Para peserta dibagi dalam 5 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh satu orang Mentor. Para peserta terlihat sangat antusias sekali saat membuat boneka Washi, bahan-bahan untuk membuat boneka ini didatangkan langsung dari Jepang. Biasanya boneka washi dijadikan hiasan di ruang tamu pada rumah-rumah di Jepang.

Setelah membuat boneka washi, para peserta dihibur oleh alunan Angklung yang dimainkan oleh kelompok angklung Fakultas Sastra. Acarapun dilanjutkan dengan demo membuat sushi, peserta sangat antusias sekali saat dipersilahkan untuk membuat sushi masing-masing, acara diakhiri dengan foto bersama.

Kami berharap, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta, dan semoga program studi sastra Jepang untuk kedepannya dapat melakukan kembali kegiatan serupa dan dapat lebih berkontribusi kepada masyarakat.

IMG_8036-1  IMG_8043-1

IMG_8099-1  IMG_8115-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *