Yuthasima Rangan, Mahasiswi Prodi Sastra Jepang UAI Peraih Beasiswa Pemerintah Jepang 2013/2014

Alhamdulillah atas izin Allah swt melalui bantuan para sensei serta segenap pengurus fakultas sastra, saya─Yuthasima Rangan, mahasisiwi sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia angkatan 2009─berkesempatan untuk belajar selama setahun dengan beasiswa penuh dari pemerintah Jepang. Menginjakkan kaki dan belajar secara langsung di Negeri Sakura merupakan mimpi yang tadinya saya pikir mustahil untuk terwujud. Namun berkat tangan dingin para dosen pengajar yang senantiasa membimbing dengan curahan waktu serta energi mereka, akhirnya peluang ini dapat saya raih setelah percobaan tiga kali berturut-turut. Dapat dikatakan saya termasuk cukup beruntung, karena peminat program beasiswa ini berjumlah ratusan orang. Dari pembelajar bahasa Jepang se-Indonesia tahun 2013-2014 hanya 19 orang perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang akhirnya dinyatakan lulus seleksi tingkat nasional.

Selama di Jepang, saya menimba ilmu pada salah satu universitas negeri, yaitu 京都教育大学atau Kyoto University of Education/KUE. Di sana saya berkomunikasi secara langsung dengan penduduk lokal menggunakan keterampilan berbahasa yang telah saya pelajari sebelumnya di Universitas Al Azhar Indonesia. Apalagi saya ditempatkan di Kyoto, wilayah yang dahulu sempat menjadi ibukota Jepang dan terkenal dengan banyaknya jejak budaya tradisional, contohnya seperti para geisha dan kuil-kuil Buddha serta Shinto. Tak hanya budaya kejepangan, saya juga kerap berinteraksi dengan mahasiswa asing lainnya dengan mengadakan pertukaran budaya masing-masing Negara sambil memperkenalkan tentang Indonesia.

Meski berstatus sebagai mahasiswa asing, saya tetap beraktivitas secara normal dengan mengikuti perkuliahan serta mengambil kelas mata kuliah bersama mahasiswa Jepang lainnya dan bahkan menjadi anggota dari salah satu kegiatan ekstrakulikuler kampus yakni klub upacara minum teh. Berkat beasiswa yang disediakan pemerintah Jepang, saya tidak perlu mencari penghasilan tambahan serta dapat menjalani kehidupan selama di Jepang dengan lancar tanpa hambatan berarti.

Satu tahun hidup di Jepang memberikan pengalaman yang sungguh sangatlah berharga dan saya bersyukur sekali telah menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Al Azhar Indonesia, khususnya jurusan Sastra Jepang. Saya ingin membuktikan bahwa mahasiswa sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia mampu bersaing secara global serta dapat diandalkan. Sekali lagi, dari lubuk hati terdalam saya haturkan terima kasih banyak kepada seluruh jajaran dosen pengajar, para staf sekretariat fakultas sastra jurusan sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia, serta berbagai pihak yang telah banyak mendukung saya. 皆様、大変お世話になりました。

foto Yuta 1Foto Yuta 2Foto Yuta 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *