Pertunjukan Sandiwara Kertas (Kamishibai) oleh mahasiswa Prodi Sastra Jepang UAI

 web use

Pada hari Sabtu, tanggal 31 Januari 2015, mahasiswa UAI mengadakan pertunjukan Kamishibai atau sandiwara kertas di perpustakaan kecil yang bernama “BUNKO”. Kamishibai adalah seni mendongeng dengan menggunakan kertas gambar yang berasal dari Jepang. Pertunjukan kamishibai biasanya menggunakan kotak yang dibuat menyerupai panggung.

Dongeng/cerita yang dibawakan oleh mahasiswa Prodi sastra Jepang kali ini adalah dongeng yang berasal dari Jepang yang berjudul “Omusubi Kororin (Nasi Kepal Tong!Tong!) dan “Urashimataro”. Para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini sebelumnya menerjemahkan dongeng dari bahasa Jepang ke Bahasa Indonesia, kemudian memperbesar/menggambar ilustrasi yang ada dibuku asal dan berlatih. Anak-anak yang datang ke perpustakaan berjumlah 8 orang dan mereka terlihat menikmati dongeng yang dibawakan mahasiswa UAI.

Dengan dilakukannya kegiatan pertunjukan  kamishibai ini  diharapkan, anak-anak dapat menangkap pesan kebaikan yang terkandung dalam cerita, dapat meningkatkan jumlah anak yang datang keperpustakaan, serta lebih jauh lagi dapat memunculkan minat membaca buku.

Pertunjukan kamishibai ini dapat disaksikan pada link berikut:

 

IMG_7040     web too

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *