IMG 5170

Demo dan Lomba Karakter Bento! Dari Doraemon sampai Roti Rilakkuma!

Dalam rangka peningkatan pemahaman mengenai budaya Jepang, Program Studi Sastra Jepang  mengadakan acara Pengenalan Budaya Jepang berupa  Kuliah Umum dan Demo Karakter Bento (Kyaraben), dengan narasumber Ibu MASUDA Kazumi (Voluntir), NAKAMURA Yoko(Voluntir) dan Bembi Mulya Ramadhani.

Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 6 Desember 2016 di Ruang Serbaguna Lt.2 UAI. Pada kesempatan ini Bembi Mulya Ramadhani yang merupakan alumi Program Studi Sastra Jepang UAI, memberikan kuliah umum tentang definisi dan sejarah bento/makanan bekal di Jepang. Menurut Bembi karakter bento adalah bekal makanan yang dibuat meyerupai tokoh karakter pada film animasi maupun manga Jepang.

Setelah kuliah umum Ibu Masuda dan Ibu Nakamura melakukan demonstrasi membuat karekter bento. Pada kesempatan ini Ibu Masuda dan Ibu Nakamura melakukan demonstrasi membuat karekter beruang (Rilakkuma) dari roti, membuat bunga dari telur, dll. Ibu Masuda dan Ibu Nakamura juga memperlihatkan bento dengan karakter pada anime onepice, dan doraemon.

Pada bagian tanya jawab diketahui bahwa karekter bento tidak selalu dibuat tiap hari. Biasanya hanya pada waktu-waktu khusus saja, kerena memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya, misalnya pada hari ulang tahun, undokai (pesta olah raga), dll.

Selain kuliah umum, demo membuat karakter bento, pada kesempatan ini diselenggarakan juga lomba membuat karakter bento. Lomba kali ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Sastra Jepang UAI. Pemenang Lomba kali adalah, Amalia Septyani dan Karmini Septyani (juara 1), Nurul Qolbi Faisal (Juara 2), dan Dewi Sartika Astarina (Juara 3).

IMG_5232web

IMG_5222web

IMG_5121web

IMG_5099web

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *