IMG 5706web

Kuliah Umum President Director PT.MARUBENI INDONESIA

Pada hari kamis, tanggal 8 Desember 2016, Program Studi Sastra Jepang UAI dan Pusat Studi Jepang UAI menyelenggaralan kuliah umum dengan nara sumber President Director PT.MARUBENI INDONESIA, bapak Fukuda Tomofumi.

Kuliah umum kali ini dihadiri oleh mahasiswa Sastra Jepang UAI dan beberapa mahasiswa program studi Jepang lainnya.

Pada kesempatan kali ini bapak Fukuda Tomofumi mempresentasikan mengenai asal Usul Marubeni Indonesia. Marubeni awalnya didirikan di Osaka pada tahun 1858 oleh seorang pedagang tekstil, Chubei Itoh. bisnis tumbuh dan kegiatannya diperluas melalui proses akuisisi dan konsolidasi, dan kemudian akhirnya dilebur menjadi Daiken Co, Ltd Setelah Perang Dunia Kedua, Daiken Co, Ltd rusak menjadi empat perusahaan, dan salah satu dari mereka menjadi hadir Marubeni Corporation, yang diresmikan pada tahun 1949.

Marubeni, bersama-sama dengan Mitsui, Mitsubishi, Itochu, dan Sumitomo, dianggap sebagai salah satu ‘The Big Five of Sogo Sosha (perusahaan dagang)’ di Jepang, dan memainkan peran penting dalam ekonomi Jepang. Sebagai perdagangan dunia sekarang cenderung diintegrasikan dan tanpa batas, Marubeni mampu menyediakan semua sektor bisnis internasional dengan dukungan terbaik dalam lingkungan perdagangan yang kompetitif saat ini, dan pada akhirnya bertujuan untuk memberikan kontribusi terus tumbuh untuk kemakmuran global, terutama untuk memberi lebih banyak kontribusi untuk Indonesia dengan menjaga hubungan baik dengan kedua mitra bisnis dan pemerintah juga.

Dalam presentasinya Bapak Fukuda Tomofumi juga mengatakan bahwa, PT.MARUBENI adalah perusahaan yang berskala multiinternasional dan bergerak diberbagai bidang, contohnya mereka membuat produk-produk makanan, produk-produk atau barang-barang untuk lifestyle, kemudian pembuatan alat-alat transportasi dan masih banyak lagi. PT.MARUBENI sendiri sebenarnya dibangun pertama kali dijepang sekitar tahun 1858, dan kini usianya sudah sekitar 150 tahun. Dahulunya perusahaan MARUBENI hanya ada di lokal Jepang saja, namun mulai ekspansi ke luar negri, dan negara pertama yang dijadikan tempat untuk bekerja sama ialah Filiphina sekitar 100 tahun lamanya melakukan sebuah kerja sama dan mungkin sampai saat ini pun masih dilakukan kerja sama. Dan sampai saat ini mereka memiliki anak cabang perusahaan sekitar 130 di 73 negara didunia. Dan dari segi banyaknya karyawan yang bekerja di MARUBENI diseluruh dunia ada sekitar 40.000 karyawan atau pegawai. Nah, untuk nama perusahaan MARUBENI sendiri, ternyata pada awalnya MARUBENI adalah nama brand atau nama produk dari perusahaan tersebut, namun beberapa tahun kemudian setelah perang dunia ke 2, sekitar tahun 1949 barulah perusahaan tersebut membuat secara resmi nama perusahaan mereka yakni, PT.MARUBENI.

IMG_5696web

IMG_5646web

IMG_5623web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *