Web

Kuliah Umum: Omotenashi dan Etika Kerja Jepang

Pada tanggal 10 Mei 2017 (Rabu), Program Studi Jepang Universitas Al Azhar Indonesia menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Omotenashi” dan Etika kerja di Perusahaan Jepang. Nara sumber dari kuliah umum ini adalah Ibu ISHIKAWA Reiko, penerjemah dan juga beberapakali menjadi narasumber dalam workshop “Omotenashi” perusahaan Jepang di Indonesia.

Ibu ISHIKAWA Reiko pada kesempatan ini menjelaskan bahwa “Omotenashi” dapat diartikan dengan service/pelayanan. Ibu ISHIKAWA menjelaskan definisi menganai “Omotenashi” sambil menayangkan contoh kongkrit dengan memperlihatkan video kegiatan cleaning service shinkansen yang dilakukan selama 7 menit, dan pelayanan detail di departemen store Jepang, sehingga sangat mudah dipahami. Menurut I=ibu ISHiKAWA kata “Omotenashi” menjadi mencuat di Jepang sejak pemilihan negara penyelenggara olimpiade 2020. Kata “Omotenashi” diperkenalkan ke dunia oleh Crystal Takigawa seorang pembawa berita untuk mempromosikan dijadikannya Tokyo sebagai tempat diselenggarakannya olimpiade 2020. Ibu Ishikawa tidak hanya menjelaskan “omotenashi” yang dilakukan di Jepang, juga membandingkan dengan budaya Indonesia. Beliau mengatakan salah satu tempat yang menjalankan budaya “omotenashi” seperti di Jepang adalah di Kraton.

Melalui kuliah umum ini diharapkan mahasiswa dapat memahami lebih dalam mengenai budaya “omotenashi” dan etika kerja orang Jepang, dan dapat menerapkan di pekerjaannya ketika lulus nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *