Berbagai bidang pekerjaan membutuhkan tenaga berkualitas dengan kemampuan berbahasa inggris yang menjadi alat komunikasi penting diseluruh dunia pada Era Globalisasi ini. Jika anda ingin mudah mendapatkan pekerjaan setelah menjadi sarjana, mengikuti kuliah di Program Studi Sastra Inggris Fakultas Sastra UAI adalah pilihan yang tepat untuk Anda karena pendidikan di UAI membekali mahasiswa dengan 7 keterampilan (7 elemen dasar), yaitu kemampuan Teknologi Informatika, networking, kewirausahaan, kepemimpinan, kemampuan manajerial, dan nilai-nilai keislaman.

Fokus perkuliahan Program Studi Sastra Inggris adalah untuk kemampuan menguasai bahasa, sastra dan kebudayaan Negara-negara berbahasa Inggris. Para lulusan Program studi Sastra Inggris FS UAI diupayakan mencapai mencapai TOEFL Score minimal 550 atau IELTS 6 dengan kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis setara lower-advanced level.

Metode Pembelajaran

Prodi Satra Inggris mengedepankan system pembelajaran yang aktif dan menarik, dengan metode pembelajaran terkini (up to date). Memberikan motivasi dan arahan serta mengembangkan kreasi berfikir serta kemampuan kebahasaaan yang tinggi bagi para mahasiswa untuk siap memasuki persaingan global di era informasi saat ini, dengan bentuk perkuliahan, simulasi, bedah dan telaah kasus, studi analisis, kuliah umum dengan pakar, dosen tamu, kunjungan dan praktek lapangan dll.

Dengan tenaga pengajar yang berkualitas dari dalam dan luar negeri dan dengan dukungan laboratorium mutakhir dalam kegiatan belajar-mengajar yang komunikatif (Student Center Learning), diharapkan mahasiswa mendapat pengetahuan, kemampuan daya pikir analitis, aplikasi dan sintesa dalam bahasa dan budaya Inggris yang kuat, sehingga lulusan Fakultas Sastra mampu melanjutkan ke jenjang S2 dan selanjutnya.

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Sastra Inggris adalah kurikulum yang mengikuti perkembangan bahasa dan sastra yang mutakhir. Pengutamaan studi linguistic dan susastra berlandaskan kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan kebudayaan Inggris secara global

Fasilitas

Pendidikan dilaksanakan di kampus yang bernuansa religius di gedung kampus yang terletak di lingkungan Masjid Agung Al-Azhar, lokasi yang sangat strategis dan amat mudah lokasi yang sangat strategis dan amat mudah dicapai melalui berbagai alat tranportasi. Fasilitas perkuliahan yang amat memadai dengan seluruh ruangan ber AC, Lab Bahasa, Pusat Komputer, serta fasilitas hot spot dan berbagai fasilitas lainnya.

Keunggulan

  1. Lulusan Fakultas Sastra UAI diarahkan mampu; Berpikir ilmiah secara analitis dan kritis, Mencapai kemahiran berbahasa secara utuh, yaitu mahir mendengar, berbicara, membaca, dan menulis , Serta Mengaplikasikan bahasa asing yang dikuasainya ke dalam kemampuan di bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)
  2. Menyediakan tenaga pengajar profesional, dosen tamu, dan native speaker
  3. Menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga/ universitas di dalam maupun luar negeri
  4. Menggunakan kurikulum Fakultas Sastra UAI yang kompetitif dengan konsentrasi pada bidang penerjemahan, pengajaran, pariwisata, pensutingan, periklanan, perkantoran, linguistik, dsb.

Tenaga Pengajar

  1. Drs. Murni Djamal, M.A.
  2. Zarmahenia Mahzar, S.S., M.Hum.
  3. Dra. Ria Herwandar, M.Ed.
  4. Diding Fahrudin, S.S., M.A.-ELT
  5. Evy Indrawati Siregar, M.Ed.
  6. Dr. Free Hearty, M.Hum.
  7. Dra. Damayanti
  8. Lusi Lian Piantari, S.S., M.Hum.
  9. Sherien Sabbah, S.Sn., M.Hum.
  10. Paramita Ayuningtyas, S.Hum., M.Hum.

Kegiatan Mahasiswa

Program Studi Sastra Inggris sangat memotivasi seluruh mahasiswanya dalam hal yang bersifat akademik maupun ekstra kurikuler untuk mengasah kemampuan mahasiswa sesuai dengan peminatan yang mereka kuasai, seperti peningkatan kemampuan mereka dalam kemahiran berbahasa melalui kelompok-kelompok kecil, pendalaman ilmu agama, kepemimpinan, seni dan budaya, perlombaan olah raga dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan atas prakarsa keluarga mahasiswa Fakultas Sastra sendiri dan kadang atas kerja sama Antara Keluarga Mahasiswa dengan pihak Fakultas. Dengan demikian, mahasiswa Fakultas Sastra buka saja dididik melalui jenjang akademik, tapi juga dibina melalui kegiatan ekstra kurikuler yang terstuktur.

Peluang Karir

  1. Wartawan, Editor
  2. Public Relation Officer, Sekretaris
  3. Staf di Kedutaan Besar Asing
  4. Pemandu Wisata
  5. Staf Administrasi di Berbagai Perkantoran atau  perusahaan Swasta baik local maupun asing
  6. Penyiar/Presenter/Reporter Radio/TV
  7. Dosen/Staf Pengajar/ Trainer, Peneliti
  8. Penerjemah Profesional, Penerjemah di perusahaan asing dan instansi pemerintah, Penerjemah Buku dan Film/TV dan lain lain.

sastra inggris (Download Brochure)