skip to Main Content

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dekan Sastra

Selamat Datang di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Al Azhar Indonesia, dengan Empat Program Studi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris, dan Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang.

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya memiliki Visi: ingin menjadi Fakultas yang terkemuka dalam menghasilkan Sarjana yang unggul dan bermartabat, serta memiliki kemampuan intelektual di bidang bahasa, dan budaya, yang berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islam.

Untuk mengujudkan visi yang mulia ini Fakultas Sastra mengembangkannya dengan Misi Fakultas, yaitu: melaksanakan program tridharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di bidang bahasa, sastra dan budaya; menjalin kerja sama dalam pendidikan dan pengembangan pengajaran bahasa, sastra dan budaya dengan lembaga-lembaga pendidikan, penelitian dan industri yang ada; dan mengajarkan konsep tujuh elemen dasar, sebagai ciri khas yang harus ada di UAI, yang dimasukan kedalam sistem pendidikan yang dijalankan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UAI.

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UAI, berusaha untuk menciptakan sistem akademik yang berkualitas, pembinaan mahasiswa secara terpadu, dan jaringan kerjasama yang luas agar para mahasiswa dapat belajar dengan nyaman, tentram, dan terarah. Didukung oleh sarana pendidikan yang memadai, para staf pengajar yang mumpuni, baik dari dalam maupun luar negeri (native speakers), dan kreatifitas pengembangan ilmu bahasa dan budaya Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Al Azhar Indonesia berkesempatan untuk mengantarkan generasi bangsa mencapai cita-citanya.

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UAI, menyadari bahwa tantangan pendidikan kedepan sangat besar, sehingga sistem pendidikan untuk mahasiswa diarahkan untuk membangun kemandirian dan kematangan pribadi lebih baik, dari segi keilmuan, ekonomi, maupun sosial politik. Sistem pendidikan tersebut terintegrasi dalam konsep Enterprising University  yang menjadi landasan pengembangan Universitas Al Azhar Indonesia secara umum. selain itu, konsep tersebut didukung oleh 7 elemen dasar Universitas Al Azhar yaitu Information Technology (Teknologi Informasi), Language (Penguasaan Bahasa), Partnership (Jaringan Kerjasama), Entrepreneurial Skill (Kewirausahaan), Leadership (Kepemimpinan), Managerial Skill (Keahlian Managemen), dan Islamic Value (Nilai Keislaman).

Bergabung dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Al Azhar Indonesia berarti memilih dan meniti jalan yang tepat untuk menggapai sukses masa depan. Insya Allah, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) akan memberikan yang terbaik untuk mewujudkan kualitas generasi bangsa di masa depan (Caring For Quality and Commitment), khususnya di bidang keahlian berbahasa asing. Selogan ‘Dengan Bahasa Kita Kuasai Dunia’, bukan suatu yang mustahil jika didalam diri kita tertanam dua motifasi yang kuat, bahwa saya pasti bisa dan saya harus bisa.

Kenapa Harus Belajar Bahasa Asing di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB)? Jawabannya adalah:

  • Lokasi Strategis : UAI terletak di jalur utama transportasi Jakarta yang strategis mudah dijangkau, dan dekat dengan pusat kegiatan pemerintahan maupun ekonomi
  • Kurikulum Inovatif & Prospektif : Penciptaan keseimbangan antara kompetensi keilmuan dan kompetensi professional yang siap berkarya di tengah masyarakat
  • Konsentrasi : Kemahiran Berbahasa, Linguistik, Sastra, Budaya, Sejarah dan Sosial Politik
  • Dosen yang Berkualitas : Pengajar yang berdedikasi tinggi, berkomitmen di bidang pendidikan, lulusan perguran tinggi ternama, dosen Native Speaker yang berpengalaman.
  • Beasiswa : Tersedia kesempatan beasiswa bagi calon mahasiswa yang berprestasi cemerlang di bidang akademik
  • Peluang ke Luar Negeri : Peluang pertukaran mahasiswa ke Timur Tengah, China, Jepang, Amerika dan Eropa
  • Fasilitas : Ruang kelas yang nyaman, laboratorium bahasa berbasis multimedia mutakhir, perpustakaan konvensional dan digital, jaringan internet nirkabel, sistem akademik online
  • Metode Belajar : Berbasis sumber dan bahan multimedia mutakhir, terpusat pada pembelajar (Learner-Based System), pendekatan komunikatif dalam pembelajaran.

Terakhir, kami mengajak para generasi muda bangsa, calon pemimpin masa depan, untuk mari bergabung dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Al Azhar Indonesia, dengan langsung datang ke Universitas Al Azhar Indonesia, Komplek Masjid Agung Al Azhar, Jln. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12110. Telp. 021-727 927 53 (ext. 5000), Email: fsastra@uai.ac.id. Atau pendaftaran Online di: http://penerimaan.uai.ac.id/.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Dr. Faisal Hendra, M. Ed

 

Back To Top