Fakultas Sastra

VISI

Menjadi Fakultas yang terkemuka dalam menghasilkan Sarjana Sastra yang unggul dan bermartabat, serta memiliki kemampuan intelektual di bidang bahasa, sastra, dan budaya, yang berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islam. (akreditasi tahun 2016)

MISI

Misi Fakultas Sastra yaitu, turut memberi kontribusi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang secara spesifik sebaimana berikut ini:

  1. Melaksanakan program tridharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di bidang bahasa, sastra dan budaya.
  2. Menjalin kerja sama dalam pendidikan dan pengembangan pengajaran bahasa, sastra dan budaya dengan lembaga-lembaga pendidikan, penelitian dan industri yang ada.
  3. Mengajarkan konsep tujuh elemen dasar, sebagai ciri khas yang harus ada di UAI, yang dimasukan kedalam sistem pendidikan yang dijalankan di Fakultas Sastra UAI. Ketujuh konsep tujuh elemen dasar ini meliputi: kemampuan berbahasa asing, penguasaan IT, nilai universal keislaman, kepemimpinan, karakter korporat, kewirausahaan dan kemitraan strategis. (akreditasi tahun 2016)

 

Program Studi Sastra Arab

VISI

Menjadikan Program Studi Sastra Arab terkemuka dalam menghasilkan lulusan sarjana sastra Arab yang unggul dan bermartabat serta memiliki kemampuan Intelektual di bidang kemahiran berbahasa Arab yang berlandaskan nilai–nilai spiritual, moral, dan etika Islam. (Akreditasi 2015)

MISI

  1. Meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab, penelitian, dan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang terkait dengan menerapkan kaidah enterprising university
  2. Menjalin kerja sama dengan berbagai institusi yang relevan di dalam dan luar negeri guna peningkatan kualitas mahasiswa dan pengajarnya
  3. Menumbuhkembangkan karakter islami dalam setiap aktifitas di lingkungan UAI (akreditasi tahun 2015)

 

Program Studi Sastra China

VISI

Menghasilkan Sarjana Sastra yang mempunyai kemampuan intelektual dalam bidang Sinologi (ilmu tentang China) berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islam. (akreditasi tahun 2016)

MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tingkat sarjana yang memiliki wawasan Sinologi.
  2. Melaksanakan dan menumbuh kembangkan penelitian dalam bidang Sinologi.
  3. Melaksanakan dan menumbuh kembangkan kegiatan pengabdian/ pelayanan kepada masyarakat berbasis Sinologi.
  4. Menjalin kemitraan dengan berbagai institusi terkait dengan penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi.
  5. Menumbuhkembangkan nilai-nilai universal Islam bagi mahasiswa Program Studi Sastra China. (akreditasi tahun 2016)

 

Program Studi Sastra Inggris

VISI

Melahirkan sumber daya manusia berwawasan luas dalam bidang ilmu pengetahuan berbahasa Inggris (bahasa, sejarah, sosial, kebudayaan, ekonomi, dan politik), dan mampu memadukan nilai-nilai intelektual, moral, etika dan spiritual Islam sebagai modal dasar untuk meningkatkan kualitas kehidupan peserta didik. (akreditasi tahun 2015)

MISI

  1. Menumbuhkan budaya cinta ilmu pengetahuan yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.
  2. Membangun keterampilan berbahasa Inggris berlandaskan ilmu pengetahuan sosial budaya.
  3. Mendorong upaya ilmiah dan sosial budaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan peserta didik.
  4. Melaksanakan upaya kerja sama dengan lembaga-lembaga ilmu pengetahuan budaya Bahasa Inggris di dalam dan luar negeri.
  5. Menerapkan prinsip tujuh elemen dasar pada sistem pendidikan Program Studi Sastra Inggris Universitas Al Azhar Indonesia, yaitu kemampuan berbahasa asing, penugasan IT, nilai universal keislaman, kepemimpinan, karakter korporat, kewirausahaan, dan kemitraan strategis. (akreditasi tahun 2015)

 

Program Studi Sastra Jepang

VISI

Menghasilkan Sarjana Sastra yang memiliki kompetensi dalam bidang ilmu kejepangan, yang memiliki kemampuan intelektual berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islam. (akreditasi tahun 2016)

MISI

  1. Menyelengggarakan program pendidikan tingkat sarjana yang memiliki wawasan kejepangan.
  2. Menumbuhkembangkan penelitian dalam bidang ilmu kejepangan untuk pengembangan ilmu kejepangan.
  3. Menumbuhkembangkan kegiatan pengabdian/pelayanan kepada masyarakat berbasis ilmu kejepangan.
  4. Membangun jalinan kemitraan dengan berbagai institusi yang relevan, dalam penyelenggaraan tridarma pendidikan.
  5. Mengembangkan nilai-nilai universal Islam dalam pembentukan karakter peserta didik. (akreditasi tahun 2016)